Senin, 08 Agustus 2016

Tips Memerangi Flu

Apa kabar teman? Saya harap kita semua selalu dalam keadaan sehat ya. hihi intronya ala- ala surat jaman dahulu. Iya bagi yang senang koresponden pasti tahu deh rasanya baca surat dari seorang teman dan intronya rata-rata seperti ini. Cuaca yang tidak menentu sering menjadi penyebab penyakit dan yang paling sering adalah flu. Saya sendiri setelah melakukan perjalanan yang cukup menguras tenaga. Turun dari bus terasa hawa panas menyerang. Kerongkongan jadi kering banget. Haus. Biasanya kalau sudah begini alergi minum es selalu diabaikan. Padahal kalau diingat- ingat lagi tiap kali meminum atau makan yang dingin- dingin pasti kondisi tubuh jadi drop. Tidak pake kecuali deh kayanya. Tapi panasnya yang sampai ke ubun- ubun membuat saya mengabaikan pengalaman menderitanya sentrak sentruk karena flu. 
Akhirnya saya berhenti di sebuah warung dan langsung saja pesan es susu. Sampai di kos langsung deh. Srrupp. Langsung terasa segarnya. Cuma selang beberapa saat badan langsung dingin. Es nya berefek nih. Tapi efeknya kebablasan, kepala juga langsung terasa berat. Hadeeh. Beneran kan. Kumat deh. Malam berubah menjadi malam yang panjang. hihi Tidak bisa tidur karena sentrak sentruk. Suhu badan juga meningkat, saya jadi terserang demam. Tenggorokan sudah mulai terasa gatal. Biasanya efek es tidak terlalu menyakitkan seperti ini tapi setelah kondisi tubuh yang menurun karena perjalanan yang melelahkan jadi tubuh tidak bisa memerangi kondisi yang ada. Makanya efek kali ini lebih berat dari biasanya. Perubahan suhu tubuh yang drastis diibaratkan seperti gelas yang kena panas lalu langsung diguyur air yang dingin akan pecah. Ya sama saja kondisinya. Nikmatnya cuma sebentar tapi menderitanya bakal beberapa hari ke depan nih. 
Kalau mengalami kondisi seperti ini jangan langsung meminta antibiotik ya. Pada dasarnya antibiotik digunakan untuk pengobatan bakteri tapi yang kita alami adalah serangan virus apalagi serangannya belum mencapai 3 hari. Cara yang tepat untuk memerangi flu yaitu:
  1. Asupan air yang cukup. Virus penyebab flu akan mudah teratasi dengan asupan air. Normalnya asupan air yang harus kita minum adalah 8-10gelas sehari. Air akan kembali merubah suhu tubuh ke suhu normalnya yaitu 36C. Virus influensa juga akan larut dan dikeluarkan bersama air seni.
  2. Istirahat yang cukup. Untuk memerangi virus kita harus meningkatkan imunitas dan istirahat yang cukup bisa memperbaiki kondisi kita. Untuk mengeluarkan panas tubuh saya tidur dengan kaos kaki, jaket dan selimut tebal. Hal ini saya lakukan untuk memaksa keringat keluar. Saat suhu di kulit meningkat maka sistem tubuh memaksa untuk mengirimkan cadangan air ke kulit sehingga keluarlah keringat. Bersamaan dengan keluarnya keringat suhu tubuh kembali ke suhu normal.
  3. Makanan bergizi. Selain istirahat yang cukup untuk meningkatkan sistem imun kita butuh asupan nutrisi yang cukup.
  4. Vitamin C. Setelah melakukan tiga cara di atas saya mengkonsumsi jeruk. Buah lain yang dipercaya mengandung vitamin c dosis tinggi yaitu buah pome dan jambu biji. Saya tidak ingin berlama- lama sakitnya jadi saya membeli minuman yang mengandung vitamin c 1000mg. Memang normalnya tubuh tidak butuh sebanyak itu asupan vitamin c-nya tapi supaya cepat sembuh ya saya minum. vitamin c bisa didapat dari vitamin c tablet hisap juga. Tergantung senangnya yang mana. Bagi yang  menderita sakit mag atau gangguan lambung bisa meminumnya setelah makan. Saya langsung habiskan satu botol sebelum tidur malam. 
Setelah menghabiskan satu botol sirup yang mengandung vitamin c 1000mg saya kembali mebuat formasi seperti sushi. hihi Menggulung di dalam selimut tebal, jaket dan kaos kaki. Panas banget jadinya. Vitamin c nya bereaksi. Minum air putihnya juga masih banyak. Jadi Alhamdulillah saya sakitnya tidak selama biasanya.
Uji coba saya alhamdulillah berhasil. Besok paginya saya jalan- jalan di sekitaran kos. Supaya kondisinya jadi pulih benar. Olah raga pada masa pemulihan tidak boleh terlalu memorsir tenaga, karena kita sakit sudah jelas karena tenaga kita yang terporsir. Olah raga di sini bertujuan agar tubuh kita tidak terlalu kaku setelah sakit. Dan nantinya tidak terlalu kaget kalau harus berktifitas seperti semula lagi.
Selamat mencoba tips dari saya. Dan semoga sehat selalu ya teman! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar