Minggu, 20 November 2016

Sakit Ini Menghidupkan Jiwaku

Selamat bermalam senin teman,
Hari penuh semangat yah? Hari memulai aktivitas rutin mingguan.
Tapi jangan lupa jaga kesehatan, biar semua kerjaan tidak tertunda. Jangan contoh saya, saya suka makan makanan pedas, makan tidak teratur, mengunyah kurang halus, jadi banyak gangguan yang berhubungan dengan pencernaan yang saya alami.
Terakhir saya sudah berusaha untuk hidup sehat. Nah satu lagi yang penting tapi sering kita lupakan yaitu meminum air putih. Beberapa waktu yang lalu saya mulai mencoba mengurangi karbohidrat, supaya sehat plus nurunin berat badan yang sudah tidak terkontrol. Mulai minum air putih minimal 2 liter sehari. Rajin jalan kaki kalau pergi-pergi. Eh ga, kalau yang terakhir itu memang bakat dari orok. Saya ga bisa berkendara. Suka gagal fokus, makanya ga berani. Tapi bagus lah saya jadi rajin jalan.
Setelah sederet rutinitas jelek termasuk makan goreng-gorengan saya tinggalkan.
UUuhh Hempas cantik tuh bakwan, ngenes ya. Demi.., ini demi kesehatan. Saya ga mau mati muda. HIks..Stroke, hipertensi, asam urat apalagi itu ya? lupa. Pokoknya itu semua dialami papa.
Saya lihat betapa menderitanya beliau dengan penyakitnya. Hingga komplikasi jantung dan udem paru. Itu yang saya dengar dari mama, kebayang ga sih kalau orang terkasih kita harus mengurusi kita karena perilaku kita yang ga suka jaga kesehatan. Ini yang sedang saya sesali dan benahi. InshAllah, jalan saya dimudahkan. Aamiin.
Manajemen stress yang sedang saya usahakan saat ini. Karena stress juga bisa memicu asam lambung yang akan memperburuk fungsi saluran pencernaan saya. Terakhir kemaren, seperti biasa walau saya sudah jaga kesehatan sekitar 3 minggu, tapi yang namanya pedas belum bisa saya hindari. Mama masak makanan kesukaan saya, asam pedas ikan, temennya nenas. Uuft...jadi kangen. Setelah makan beberapa jam saya masih tidak apa-apa. Sampai saya tertidur.
Tiba-tiba saya terbangun, jam 1 atau jam 2 saya ga ingat pastinya. Perut saya kram. Perut kanan bawah. Nah ini kenapa? biasanya sakit perut dibawa tidur sembuh, ini terbangun karena sakit perut. Wah ga bener ini. Mau bangunin mama rasanya kok tega bener ya. Mama tidur pules gitu. Persediaan obat mag sudah habis. Sari kurma pun telas e. Piye iki? Hadeh..saya coba bikin larutan gula untuk menetralkan asam lambung. Ga ngefek. Sakitnya juga beda dari biasanya. Rasanya kram, seperti diplintir. Mungkin ambang nyeri tiap orang beda ya, saya termasuk pasien lebay. Karena nyeri yang pernah saya rasakan hanya liver injury induced by love Ahhayy..alay ne metu...
Jadi kepaksa bangunin mama setelah nahan sakit 2 jam. Sudah dekat subuh, jadi saya pikir ga apa. As ussual, mama panik. Saya jadi bingung, jadinya saya paksain senyum. Ga apa-apa ma. Bentar juga sembuh. Tapi ga manjur, mama maksa ngajak ke RS. Saya pasrah, bakal disuntik ini. Saya jadi panik, bukan karena nyeri perut tapi karena ngebayangin bakal ditubles. HIks..
Sampai di IGD coba melobi dokternya supaya ga disuntik, tapi akhirnya tetep diinjeksi karena emang ga kuat sakit. Dan ternyata tak seseram yang saya bayangin. Agak mending. Terus pulang.
Kambuh lagi. Sampai akhirnya harus dirawat. Saya nangis karena takut. Terus saya diabaikan. Saya lihat ada bayi yang juga diinfus. Saya pikir, saya harus lebih berani dari bayi itu. Saya pasrah. Saya inget hal lucu sambil nyanyi biar ga takut. Finally, infusnya dipasang dan tidak sakit. Yah, saya bohong. Pasti sakit, tapi tidak sesakit yang saya bayangin.
Sampai beberapa pemeriksaan, Taaddaaaa!!!! Operasi usus buntu...hahaha kali ini saya ingin kabur. Tapi sakit. Akhirnya pasrah lagi. Saya coba tertawa sampai mewek. lebay!! Serius ini. . " Tobat lah tih" Kata penasehat spiritual yang ada dalam hati saya. This is The right time. Saya coba memotivasi diri sendiri. "Ayo tih, ini hari kamis, hari yang baik untuk meninggal. Hujan lebat waktu yang baik untuk berdoa. Bla..bla..bla.." semua motivasi berloncatan dari mulut saya. And then datang perawat, ngukur tensi. Tekanan darah normal saya 110/70mmHg. Hasil cek seingat saya 130/90mmHg. Ternyata penyakit papa emang turun ke saya. Hipertensi, kalau saya sering stres ini bisa naik. Istighfar...Jaga hati...jaga pola hidup..."Jika Allah berkehendak Jadi, Maka jadi lah"...
" Masih mau membuat Allah cemburu? Jangan duakan dong. Selalu ingat padanya. Oke tih?"
Saya tersungkur...Saya menangis..Allah tidak hanya menghilangkan rasa sakit yang saya rasakan, Allah perlahan menghilangkan rasa takut yang sering saya khawatirkan. Dan bagian lain yang diobati Allah yaitu di seluk hati yang kosong. Saya kembali menangis..yah karena hanya menangis yang saya bisa.
Bahkan tangan saya yang kotor masih mau Allah rangkul dan selamatkan..

"Maka nikmat TUHAN yang mana lagi yang kau dustakan?"


2 komentar: