Minggu, 07 Agustus 2016

Cara Mudah Untuk Mengingat Pelajaran

Sudah pada selesai ujian semua ya teman? Bagaimana hasilnya? Inshallah bagus- bagus semua ya. Aamiin. Pada awalnya saya juga bingung menentukan cara mudah untuk mengingat pelajaran. Karena masing- masing orang memiliki kemampuan mengingat yang berbeda. Saya sendiri termasuk yang susah dalam belajar. Entah memang IQ yang rendah atau cara belajar yang salah. Tapi saya lebih beranggapan bahwa saya termasuk menjalani cara belajar yang salah selama ini. Tidak mau dong dibilang ber-IQ rendah. 
Cara belajar seperti apa yang saya maksud. Tiap orang memiliki kecenderungan belajar yang berbeda, misalkan ada yang belajar harus di tempat yang sepi dengan suara lantang atau harus belajar dengan tanya jawab berkelompok. Teman-teman pastinya pernah juga melihat teman sekelasnya membuat catatan ringkas tentang materi pelajaran dan membawanya ke mana-mana. Jadi cara belajar disesuaikan dengan kondisi kita masing-masing.
Setahu saya ada tiga metode yang bisa dipakai untuk belajar, yaitu:
  1. Visual. Cara ini digunakan yaitu dengan membuat grafik, gambar/oretan atau catatan kecil mengenai materi yang harus dipelajari. Biasanya pelajar yang menggunakan cara ini akan memberi warna-warna menarik pada catatannya dengan spidol atau pensil warna. Warna- warna ini akan membantunya mengingat poin- poin dalam materi tersebut. 
  2. Audio. Cara ini digunakan yaitu dengan merekam baik suaranya sendiri saat menghafalkan materi atau dengan membacanya keras- keras materi yang ingin diingatnya. Bisa juga dengan merekam suara guru/dosen saat menjelaskan di depan kelas. Pelajar akan memutar ulang rekaman ini untuk mengingat kembali materi yang sudah diajarkan.
  3. Audio-Visual. Cara ini digunakan yaitu dengan membuat rekaman video tentang materi pelajaran serta penjelasannya. Pelajar dapat meminta izin kepada guru untuk merekam saat dia menjelaskan materi pelajaran. Tapi kita juga harus dapat membuktikan bahwa cara ini merupakan cara yang efektif bagi kita untuk belajar, mungkin dapat dibuktikan dengan hasil belajar kita nanti. Saat ini Youtube.com sudah banyak menyediakan berbagai video mengenai materi- materi pelajaran baik materi dasar maupun praktek, sehingga kita dapat dengan mudah memilih materi mana yang sesuai dengan kita.
Setelah mengetahui beberapa cara ini, saya mulai mencari tahu cara mana yang cocok dengan kepribadian saya sehingga lebih mudah menyerap pelajaran ataupun materi yang ingin saya kuasai. Teman- teman juga bisa mencobanya. Selamat mencoba dan semoga Sukses.!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar