Sabtu, 10 September 2016

AgaR Tetap Fit SaaT UjiAn

Pagi Teman blogger..!

Musim ujian sudah lewat ya, ga apa- apa dong membahas masalah ujian. Itung- itung untuk menghadapi ujian selanjutnya. Ya ga?


Tadi malam saya nonton film jepang yang temanya pendidikan, sangat inspiratif. Saya mau bikin reviewnya sayang banget di situsnya tidak tertera judul film ini. Sayang banget kan? padahal ini film recommended banget. 

Fokus cerita film ini pada saat- saat menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Di negara Jepang sesuai dengan film ini menerapkan beberapa tahap ujian untuk masuk ke Universitas yang diinginkan. Jadi sama seperti kita saat menghadapi ujian, baik fisik maupun pikiran sudah terporsir banget. Eh tau- tau waktu ujian berlangsung kondisi kesehatan kita menurun. Ga mau dong? Beberapa tips yang saya tau yaitu:

1. Cukup Istirahat 

Setelah menjalani hari yang melelahkan dengan berbagai persiapan ujian. Belajar sampai larut malam. Bagi mereka yang berniat masuk ke perguruan tinggi biasanya akan belajar lebih giat. Mulai dari ikut kursus sampai mengulang lagi pelajarannya di rumah. Kalau sudah sampai hari H-nya lebih baik aktifitas belajar dikurangi. Gunakan hari- hari tersebut hanya untuk mengulang dan mengingat kembali bagian- bagian yang masih terasa mengganjal. Memorsir tenaga untuk belajar hanya akan membuat tubuh terlalu lelah dan akan mengurangi konsentrasi saat ujian. 

2. Jaga makanan


Belajar atau kesibukan memang sering membuat perut terasa penuh dan ga ingin untuk makan. Kita juga sering ga bisa mengatur makan tepat waktu akhirnya terserang mag. Stres menyebabkan lambung mengeluarkan asam lambung lebih banyak dari biasanya. Jadi kebayang dong kalau perut tidak diisi secara teratur. Sakit perut juga  akan mengurangi performa kita saat ujian. Cara terbaik yaitu dengan tetap mengambil makanan sesuai porsi makan biasa, terus dekatkan di tempat di mana kita nyaman belajar. Jadi sambil balik- balik buku atau ngotak atik lappy kita bisa nyambi makan. Kalau nasi dirasa terlalu berat bisa menggantinya dengan makanan pengganti nasi, seperti roti atau buah.

3. Hindari minuman yang memicu asam lambung

Minuman yang mengandung kopi, asam dan bersoda akan meningkatkan asam lambung sehingga bisa memicu gangguan lambung. 

Well, saya yakin sebagian besar kita sudah tau tentang ini. Saya hanya mengingatkan. :)
See you, And sukses selalu..!

 

3 komentar:

  1. Bagaimana caranya agar tidak grogi ya Mbak?
    thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ga grogi, baca bismillah.
      terus baca, Lailaha illa anta subhannaka innikuntu minazzolimin.
      :) InshAllah.

      Hapus
  2. Kondisi badan yang sehat bisa berfikir dengan jernih

    BalasHapus